Beranda » Uncategorized » Makanan Khas Jogja yang Harus Dicobain Saat Berkunjung

Selain mengunjungi berbagai lokasi wisata, menikmati makanan khas Jogja dapat juga menjadi alternatif kegiatan liburan. Apalagi di Jogja ada banyak sekali ragam kuliner khas yang tak dapat Anda temukan di lain tempat.

Penasaran apa aja daftar makanan yang harus Anda coba selama berlibur di kota pelajar ini? Yuk simak uraian selengkapnya di bawah ini.

5 Makanan Wajib Saat Berkunjung ke Jogja

Yuk simak apa saja nama kuliner khas dari Kota Yogyakarta sebagai daftar referensi wisata kulineran bagi Anda sekeluarga.

1. Sayur Gudeg

Pada daftar teratas ada Gudeg yang merupakan ikon utama dari kota Jogja. Oleh karena itu tak perlu heran jika selain sebagai kota pelajar, Jogja dikenal juga dengan nama lain sebagai Kota Gudeg.

Makanan yang bernama Gudeg ini sejatinya adalah makanan tradisional dengan resep otentik milik nenek moyang yang masih lestari. Bahan utama pembuatan Gudeg adalah buah Nangka yang masih muda yang dalam bahasa setempat dikenal sebagai Tewel.

Nangka muda ini kemudian akan dimasak di dalam air hingga matang dan empuk. Setelah itu baru buah nangka muda rebus tersebut dimasak lagi dalam larutan santan setelah sebelumnya diberikan bumbu khusus yang khas.

Memiliki rasa gurih yang cenderung manis, sayur gudeg ini dapat dimakan dengan menggunakan nasi putih bersama sajian pendampingnya. Yaitu ayam suwir, ayam bacem atau bisa juga ayam goreng, telur pindang, sayur krecek, tahu dan tempe bacem.

2. Sate Klatak

Makanan khas Jogja selanjutnya adalah Sate Klatak. Bahan dasar pembuatan sate khas Jogja ini adalah daging Kambing yang telah dibumbui dengan sedikit Ketumbar serta garam. Tentu saja perbedaan bumbu ini membuat sate Klatak memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda.

Nantinya setelah bumbu dirasakan meresap pada daging kambing maka akan ditusuk-tusuk sebelum dibakar di atas bara. Uniknya tusukan sate yang digunakan bukan terbuat dari tusukan bambu sebagaimana sate umumnya.

Tusukan yang digunakan pada sate Klatak adalah jari-jari dari roda sepeda. Alasan pemilihan tusukan ini bukan sekedar untuk tampil unik saja, namun jari-jari roda sepeda yang terbuat dari logam merupakan sarana penghantar panas yang sempurna. 

Untuk penyajiannya, sate Klatak akan disuguhkan bersama nasi hangat, kuah gulai Kambing serta sambal kecap yang diberi potongan cabai.

3. Tengkleng Gajah

Selain rasanya yang berbeda, makanan khas Jogja juga seringkali memiliki nama yang unik. Selain Gudeg dan sate Klatak, ada juga menu makanan yang bernama Tengkleng Gajah. Apakah Tengkleng Gajah itu?

Tengkleng Gajah adalah makanan berkuah layaknya gulai dan sup dengan bahan dasar daging Kambing. Lantas mengapa namanya menggunakan istilah Gajah? 

Ternyata hal tersebut merujuk pada ukuran penyajiannya yang besar dimana tulang kambing untuk tengkleng tersebut dipotong dalam ukuran yang besar.

4. Oseng Mercon

Oseng Mercon adalah sejenis hidangan yang menggunakan koyor atau tetelan daging sapi yang dimasak dengan cita rasa pedas. Tingkat kepedasan masakannya ini tercermin pada namanya yang diembel-embeli mercon guna menggambarkan ledakan pedas di mulut penyantapnya.

Cara masak tetelan daging sapi ini adalah ditumis dengan menggunakan beberapa rempah pilihan serta sejumlah cabai rawit. Pilihan lain selain daging sapi, terdapat juga daging ayam, ati ampela, kikil atau berbagai jeroan lainnya.

5. Tiwul & Gatot

Rekomendasi makanan khas Jogja yang paling akhir adalah Tiwul dan Gatot. Kedua kuliner ini berasal dari kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Bahan utama Tiwul dan Gatot adalah Singkong.

Makanan olahan sebagai pengganti nasi ini muncul pada masa penjajahan Jepang. Hal tersebut dipacu karena saat itu masyarakat sulit untuk mendapatkan beras karena harganya yang mahal.

Nah kira-kira makanan khas Jogja mana yang akan Anda coba?

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.